Gua Pawon Masih Favorit Gua

Salah satu sisi di Gua Hiro menampakkan warna yang menawan. Tuh kan, kebanyakan becanda sih. Gua Pawon maksudnya. Astaghfirullah! Sisi ini tepat berada di bagian bawah lubang langit yang dipenuhi kelelawar. Di lantainya kalau mau kokoreh (baca: keruk-keruk, korek-korek), kita bisa mengumpulkan guano. Bukan guava ya. Guava itu jambu air. Guano itu bat shit alias kotoran kelelawar. Di Ubud Bali tuh, banyak yang jualin bat shit (kesalahan nulis bed sheet alias seprai kasur. Ada juga yang kesalahan nulis bat cover).

Kumsiwejing!

Anyway, salah satu warga di deket Gua Pawon yang gua protes karena gak negur atau kasih peringatan sama pengunjung yang nembakin kelelawar pake senapan angin mengatakan bahwa kelelawar raksasa yang jumlahnya ribuan itu sudah 5 bulan menghilang. Akibatnya, warga tidak bisa lagi mengumpulkan guano.

Sejak kapan pengunjung itu nembakin kelelawar, Pak?

Lima bulan lalu.

Pantes we, Cuy!

Dan setelah 30 menit berlalu, pengunjung yang membawa senapan angin itu muncul dan masuk ke warung si Bapak yang ngobrol sama gua.

Cuma dapet 7 euy. Kemaren mah dapet 15, Pak.

G*bleg! Ternyata anaknya yang nembakin kelelawar. Pantesan kagak dimarahin, apalagi didenda. Kalo didenda, pasti menta duit ka bapana (minta duit ke bokapnya, which is very very absurd di sisi mereka, dan menyebalkan dari sisi gua yang sayang banget sama lingkungan dan nilai sejarahnya gituh loh).

Gua sama bini cuma bisa saling menatap dan ooooh… (naon deuih). Maksudnya baru menyadari bahwa mereka berasal dari keluarga yang sama deblo-nya (gede-gede blo’on).

Mengkhawatirkan sih kalo gak ada pihak pemerintah yang jagain. Bagus lagi kalo private sector yang gak bisa dibayar pake batu atau jabatan atau pangkat. Pihak yang tanpa syarat. Tanpa ikatan. Salam 11 jari!

(Ditulis di rumah sehari setelah insiden). – with Jaka and Devi at Obyek wisata gua pawon

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s