Lupis – Unofficial

Lupis. Sebagian orang menyebutnya lopis. Orang manaaa yang nyebut lopis.. pasti orang Sunda. Pitnah lagi nih. Ada juga yang bilang kue cinta, alias lope. Haaaa… itu baru ngarang.

Asal lupis ialah dari pasar. Hadeuh, ngaco deh. Makanan ringan ini terbuat dari beras ketan. Karena tiap daerah mengklaim bahwa lupis berasal dari daerah mereka, maka dengan ini Saya memutuskan bahwa lupis berasal dari darat. Sampai sekarang belum ada codot atau ubur-ubur yang mencoba mengklaim lupis dari atmosfer lapisan ke-2 atau lautan di manapun. Seriously, lupis tidak diketahui asalnya.

Dibungkus dengan daun tebu atau daun kawung, lupis dihidangkan setelah dibuka bungkusnya. Iya lah, siapa juga yang mau ngagayem (mengunyah) daun kawung. Maaf, Sundanese-nya lagi horny.

Kelapa yang bikin makanan ini jadi seimbang. Antara lengket dan gurih lupis punya posisi khusus di antara makanan lain. Ada orang jinieus (read: genious) yang lidahnya bisa membaca selera manusia sejagat raya. Orang ini menambahkan gula kawung alias gula yang berasal dari pohon aren atau nira, dan dicaerin (dicairkan) hingga liket (kental).

Jeez Louis! Rasanya gak nahan, apalagi kalo gigi barolong (berlubang seperti sistem pemerintahan). Saya sih suka banget yang manis, apalagi kalo pake yoga pants. Giung dech! (read: whatever dech artinya). – with Devi at Oto Klin Car Wash

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s