Roti dan Salad

Bulan suci ini mengingatkan masa-masa di Tallahassee, berbuka puasa bersama para brothers and sisters dari Yaman, Jordan, Arab Saudi, Turki, dan Amerika. Mengapa? Hari ini istri menyiapkan roti naan dan kari sapi beserta salad segar. Makanan ini persis seperti yang disiapkan para sisters di Mesjid Tallahassee. Ada yang ingat mungkin saat-saat dulu tahun ’93-an.

Naan yang kita kenal berasal dari India, karena hanya ada restoran India dan hanya mereka yang menjualnya di Bandung. Sebetulnya, India sendiri meminjam perkataan naan ini dari Persia, atau Iran. Sejarah mencatat bahwa roti naan ini berasal dari Iran. Di Iran sendiri, semua roti disebut naan.

Naan adalah jenis flatbread yang dibuat dengan cara membuat adonan dan dibakar. Idealnya di atas tungku yang disebut tandoor bila di India. Inilah yang membuat ayam yang dipanggang dengan tandoor disebut chicken tandoori. Istri menyiapkan adonan naan persis dengan membuat adonan pizza. Hanya saja, setelah ditipiskan dengan tangan, adonan dibakar di atas teflon, karena kami tidak punya tandoor.

Coba berbuka dengan naan dan kari. Seger lho.. – at Bandung City

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s